Thursday 7 January 2016

penghujun tahun


Oleh
Bung Moer
Tak terasa, mungkin kata yang tepat tuk menggambarkan perasaan sebagian kita yang menikmati waktu, kalau diingat-ingat masalah yang menimpa tak mampu lagi di ingat berapa banyaknya belum lagi solusi yang di temukan dari persoalan yang ada. tentunya dari soal yang pelik dan solusi yang menenangkan, pastinya banyak hal baru yang mencerahkan. beranjak dari hal pelik dan menenangkan menuju pengingatan kembali soal detik awal peresmian pergantian tahun, jangan bilang lupa pada momen itu, lupa pada kembang api yang bertebaran dilangit, letusan petasan yang mememakkan telinga dan aromanya yang menyesakkan hidung, raungan kendaraan bermotor yang memuntahkan polusi,dan banyak lagi yang tak bisa kuingat dan kutuliskan satu persatu.
mestinya kita tak lupa tradisi tahunan di pergantian tahun, sebuah pesta tahunan yang memakan biaya selangit bila di kalkulasi tapi apapun itu, itu adalah kesenagan dengan harga mahal, mahal harganya, banyak ongkos di keluarkan. tentunya bila kita berbicara harga setiap orang pasti memikirkan uang tentunya, kalau kata berita di TV bisa menutupi hutang negara yang terus berbunga. tapi sudahlah toh negara hari ini tak pernah memikirkan kita.

seperti itu kata kawan saya tenpo hari. entahlah toh kita cukup bayar pajak untuk kesejahteraan wakil rakyat kita dan para pejabat berdasi. berapapun banyaknya uang yang tumpas dari dompet kita untuk biaya pesta malam tahun baru tak akan sebanding dengan harga mobil mewah para wakil kita di senayan. ah manusia dan persoalanya tak akan selesai bila di bahas disini. mari mengingat-ngingat saja tahun baru yang lalu-lalu, mungkin ada diantara kita melewatkanya dengan bersama keluarga, teman ataupun ada yang beruntung melewatkanya dengan pacar.

rasa-rasanya penting untuk di kenang kembali dan merenungkan berapa banyak doa dan harapan yang kita sematkan di kesempatan langkah itu, harusnya ada tercapai di tahun ini atau sebelumnya dan mungkin saja ada doa yang tak kunjung terkabul sampai detik ini. doa tetaplah doa dan harapan tetapkah harapan sudah hukumnya dalam kemungkinan-kemungkinan dan ketidak pastian. adalah manusia yang berani menyimpan harapan dan doa, kalau tidak salah seperti itulah kata bijak yang pernah kudengar. semoga terjadi, semoga terkabul itulah jampi-jampinya, hehehehe. sebentar lagi tiba tahun yang baru dan bersamaan datang malam yang ramai di penuhi orang-orang berbahagia dalam kebingunganya memahami masa depan, suatu soal yang tak seorangpun dapat memprediksi secara pasti.

kenyataanya banyak diantara kita berharap dan berdoa semoga tak terjadi hujan di malam pergantian tahun agar kembang api bisa menghiasi langit malam bersejarah. jangan lupa dengan harapan dan doamu di malam tahun baru, harapan sebaik baik harapan dan doa sesuci-suci doa. tahun baik dan nasib baik adalah sempurna di tahun yang baru. selamat, selamat merencanakan tahun yang baik. selamat untukmu mahluk penuh tanya dan nikmatilah ketidak pastian waktu.

Newer Post Older Post Home

0 comments: